√ 10 Rekomendasi Karir Untuk Lulusan Jurusan Komunikasi

10 Rekomendasi Karir Untuk Lulusan Jurusan Komunikasi

karir-untuk-lulusan-jurusan-ilmu-komunikasi Rekomendasi Karir Ilmu Komunikasi

amaterasublog.com,- Hallo teman-teman, pada postingan artikel seputar dunia kerja kali ini saya akan membahas tentang Rekomendasi Karir yang cocok untuk lulusan sarjana atau pascasarjana Jurusan Ilmu Komunikasi. Langsung saja berikut ulasannya:

Jurusan Komunikasi merupakan salah satu cabang ilmu sosial yang secara khusus mempelajari tentang proses komunikasi manusia baik antara individu maupun kelompok dalam konteks sosial, budaya, dan politik.

Baca juga: Rekomendasi Karir Untuk Lulusan Jurusan Ekonomi

Jurusan komunikasi mencakup berbagai disiplin ilmu seperti ilmu komunikasi, jurnalisme, periklananu dengan individu lain, kelompok, organisasi, maupun masyarakat. Jurusan ini mencakup segala aspek komunikasi mulai dari teori, praktik, teknologi, hingga isu sosial dan budaya.

Tujuan utama dari jurusan komunikasi adalah untuk menghasilkan lulusan yang mampu menguasai berbagai bentuk komunikasi dan dapat memahami kompleksitas dari fenomena komunikasi di berbagai tingkat sosial, serta mampu mengelola media komunikasi yang efektif dan efisien.

Di Indonesia, jurusan komunikasi tersedia di berbagai universitas dan institusi pendidikan tinggi baik negeri maupun swasta.

10 Rekomendasi Karir Untuk Lulusan Jurusan Komunikasi

Lulusan komunikasi dapat bekerja di banyak bidang, baik di sektor publik maupun swasta. Beberapa bidangyang biasanya dilirik oleh lulusan komunikasi di antaranya adalah:

1. Public Relations (PR)

Lulusan komunikasi bisa bekerja sebagai PR dalam sebuah perusahaan, pemerintah, organisasi masyarakat, atau lembaga lainnya.

2. Media dan Jurnalistik

Bekerja sebagai jurnalis, reporter, editor, atau penulis artikel di media massa seperti surat kabar, majalah, televisi, atau radio.

3. Advertising

Lulusan komunikasi bisa bekerja di bidang advertising sebagai copywriter, art director, atau account executive.

4. Event Management

Memiliki kemampuan untuk mengelola event atau acara, seperti event promosi, launching produk, dll.

5. Digital Marketing

Menjadi bagian dari tim digital marketing, yang fokus pada promosi produk atau jasa melalui digital channel seperti social media dan website.

6. Human Resources (HR)

Lulusan komunikasi bisa bekerja di HR, mengelola program pelatihan, internal communication, dan hubungan industri.

7. Pendidikan dan Pelatihan

Bekerja sebagai trainer atau dosen di perguruan tinggi ataupun lembaga pendidikan lainnya.

8. Konsultan

Menawarkan jasa konsultasi dalam bidang komunikasi untuk membantu perusahaan atau organisasi meningkatkan reputasi dan efektivitas.

9. Public Affairs

Menjadi bagian dari tim public affairs perusahaan atau instansi pemerintah, bertanggung jawab atas komunikasi dengan stakeholders.

10. Business Development

Lulusan komunikasi bisa bekerja di bidang pengembangan bisnis, membangun hubungan dengan pelanggan, investor, dan mitra bisnis.

Demikianlah ulasan artikel seputar dunia kerja tentang Rekomendasi Karir yang cocok untuk lulusan sarjana atau pascasarjana Jurusan Ilmu Komunikasi. Jika ada pertanyaan terkait isi artikel di atas, silahkan tulis pada kolom komentar di bawah. Barang kali kita bisa berdiskusi. Semoga bermanfaat!

Berlangganan Artikel Gratis :

Jadilah yang pertama berkomentar di postingan "10 Rekomendasi Karir Untuk Lulusan Jurusan Komunikasi"