√ 5 Rekomendasi Karir Untuk Lulusan Jurusan Pertambangan

5 Rekomendasi Karir Untuk Lulusan Jurusan Pertambangan

karir-untuk-lulusan-jurusan-pertambangan Rekomendasi Karir Pertambangan

amaterasublog.com,- Hallo teman-teman, pada postingan artikel seputar dunia kerja kali ini saya akan membahas tentang Rekomendasi Karir yang cocok untuk lulusan sarjana atau pascasarjana Jurusan Pertambangan. Langsung saja berikut ulasannya:

Jurusan Pertambangan merupakan sebuah program studi yang mempelajari ilmu dan teknik yang terkait dengan eksplorasi, ekstraksi, pengolahan, dan manajemen sumber daya alam di sektor pertambangan. Jurusan pertambangan membahas berbagai aspek dalam bidang pertambangan, seperti geologi, geoteknik, teknologi penolahan, dan pengelolaan sumber daya mineral dan energi bumi.

Para mahasiswa yang memilih jurusan ini akan belajar tentang geologi, geofisika, pengolahan mineral, teknologi pertambangan, keberlanjutan dan efisiensi energi, serta berbagai aspek teknis dan non-teknis terkait industri pertambangan.

Baca juga: Rekomendasi Karir Untuk Lulusan Jurusan Biologi

Lulusan jurusan pertambangan memiliki peluang karir di sektor pertambangan, perminyakan, dan energi, serta di sektor-sektor terkait seperti lingkungan, konservasi, dan pengembangan energi terbarukan.

5 Rekomendasi Karir Untuk Lulusan Jurusan Pertambangan

Sebagai lulusan pertambangan, Anda memiliki banyak pilihan karir di industri pertambangan dan energi. Beberapa bidang dimana Anda bisa bekerja sebagai lulusan pertambangan antara lain:

1. Eksplorasi dan Penilaian Sumber Daya Mineral

Di sektor ini, lulusan pertambangan bisa bekerja sebagai insinyur geologi dan mengevaluasi karakteristik geologi dari area penambangan untuk menemukan sumber daya mineral yang layak.

2. Operasi Pertambangan

Ini termasuk meliputi aktivitas menambang, menghancurkan dan pemrosesan mineral, serta melakukan operasional di tambang itu sendiri.

3. Manajemen Operasi Tambang

Lulusan pertambangan dapat menjadi manajer operasi tambang yang mengorganisir kegiatan eksplorasi, pengembangan, dan produksi di tambang.

4. Perlindungan lingkungan Tambang

Di sektor ini, lulusan pertambangan dapat bekerja sebagai insinyur lingkungan, bertanggung jawab untuk memastikan bahwa operasi pertambangan berjalan dengan mempertimbangkan faktor lingkungan.

5. Penelitian dan Pengembangan

Sebagai lulusan pertambangan, Anda dapat terlibat dalam penelitian dan pengembangan di bidang pertambangan, misalnya untuk mengeksplorasi teknologi baru dalam penambangan dan perlindungan lingkungan.

Jadi, kalau anda ingin menekuni karir di dunia pertambangan, banyak pilihan yang bisa diambil.

Demikianlah ulasan artikel seputar dunia kerja tentang Rekomendasi Karir yang cocok untuk lulusan sarjana atau pascasarjana Jurusan Pertambangan. Jika ada pertanyaan terkait isi artikel di atas, silahkan tulis pada kolom komentar di bawah. Barang kali kita bisa berdiskusi. Semoga bermanfaat!

Berlangganan Artikel Gratis :

Jadilah yang pertama berkomentar di postingan "5 Rekomendasi Karir Untuk Lulusan Jurusan Pertambangan"