√ Perbedaan Pekerjaan dan Karir yang Perlu Anda Ketahui

Perbedaan Pekerjaan dan Karir yang Perlu Anda Ketahui

perbedaan-antara-pekerjaan-dan-karir Perbedaan Pekerjaan dan Karier

amaterasublog.com,- Hallo teman-teman, pada artikel seputar Dunia Kerja kali ini saya akan menjelaskan secara lengkap tentang Perbedaan Antara Pekerjaan dan Karir. Oke langsung saja berikut pembahasannya:

Definisi Pekerjaan

Pekerjaan adalah aktivitas yang dilakukan oleh seseorang untuk memperoleh penghasilan dan memenuhi kebutuhan hidupan sehari-hari. Pekerjaan bisa dilakukan dalam berbagai bidang seperti industri, perdagangan, jasa, pertanian, atau sektor publik seperti pemerintah dan lembaga swadaya mupannya.

Pekerjaan dapat dilakukan secara formal maupun informal, tergantung pada jenis pekerjaan dan kebutuhan masyarakat. Contoh pekerjaan formal antara lain sebagai karyawan di sebuah perusahaan, sedangkan pekerjaan informal antara lain sebagai pedagang kaki lima atau tukang parkir.

Pekerjaan juga dapat dibedakan menjadi berbagai sektor, seperti sektor pertanian, industri, perdagangan, jasa, dan lain sebagainya. Setiap pekerjaan memiliki tugas dan tanggung jawab yang harus dilakukan dengan baik dan profesional untuk mencapai tujuan pekerjaannya.

Definisi Karir

Karir/Karier adalah serangkaian pengalaman, prestasi, dan aktivitas yang dilakukan seseorang dalam rangka mencapai tujuan yang diinginkan dalam bidang pekerjaan atau profesinya.

Karir terdiri dari berbagai tahap perkembangan yang mencakup pendidikan, pelatihan, pengalaman kerja, dan pencapajuan dalam bidang pekerjaan atau profesi tertentu.

Baca juga: Rekomendasi Karir Untuk Lulusan Jurusan Sosiologi

Karir biasanya dikaitkan dengan pengembangan diri dan pencapaian tujuan karir, seperti meningkatkan level dalam pekerjaan, mendapatkan penghargaan dan pengakuan, dan mencapai kesuksesan dan kepuasan dalam bidang pekerjaan yang dipilih.

Karir juga melibatkan pemahaman dan pengembangan keterampilan, kompetensi, dan pengetahuan yang diperlukan untuk mencapai tujuan karir tersebut.

Perbedaan Antara Pekerjaan dan Karir

Pekerjaan dan karir merupakan dua hal yang berbeda meskipun keduanya berkaitan dengan pekerjaan yang seseorang lakukan. Berikut adalah perbedaan antara pekerjaan dan karir:

1. Pekerjaan

Pekerjaan adalah setiap tugas atau pekerjaan yang dilakukan seseorang untuk menghasilkan uang atau memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Pekerjaan bisa sifatnya sementara atau tidak permanen, serta mungkin tidak menuntut keterampilan tertentu. Selain penghasilan uang, tujuan utama dari pekerjaan adalah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari secara finansial.

2. Karir

Sementara itu, karir adalah perjalanan profesional seseorang dalam suatu bidang kerja. Karir melibatkan peningkatan keterampilan, keahlian, dan pengalaman serta mencapai posisi yang lebih tinggi dalam hierarki organisasi. Tujuan dari karir adalah mencapai kepuasan personal dan mencapai sesuatu yang lebih besar, tidak hanya sekedar menghasilkan uang.

Dalam beberapa kasus, pekerjaan dan karir bisa berjalan beriringan dan menjadi satu kesatuan. Namun, terdapat juga orang yang hanya mencari pekerjaan untuk mencukupi kebutuhan hidupnya tanpa memiliki karir. Sebaliknya, ada juga orang yang fokus pada karir dan mengabaikan pekerjaan sementara yang mereka lakukan.

3. Pencapaian Tujuan

Pekerjaan dapat menjadi tujuan akhir seseorang, sehingga seseorang mencaripekerjaan yang sesuai dengan kemampuan dan minatnya untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Namun, karir memberikan seseorang pandangan jangka panjang dan memperhitung pekerjaan yang sesuai dengan minat dan keterampilannya untuk menghasilkan penghasilan.

Sedangkan karir adalah proses pengembangan professional yang mencakup berbagai posisi dan kesempatan di suatu bidang atau industri yang lebih luas. Karir melibatkan pencapaian tujuan jangka panjang dengan meningkatkan kemampuan dan memperoleh posisi yang lebih tinggi dalam organisasi atau industri yang sama.

4. Tujuan Keberlanjutan

Pekerjaan biasanya lebih bersifat jangka pendek, tujuannya hanyauntuk memperoleh penghasilan dan memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Sementara itu, karir lebih bersifat jangka panjang dan berorientasi pada pengembangan kemampuan dan pencuntuk memenuhi kebutuhan ekonomi sehari-hari. Karir juga biasanya menawarkan tujuan jangka panjang dan berkelanjutan yang mencakup pencapaian karir yang lebih tinggi, peningkatan keterampilan, pengalaman dan kemampuan, serta kepuasan hidup secara keseluruhan.

5. Tingkat Penghargaan

Pekerjaan cenderung dinilai dari segi pendapatan dan kemampuan untuk memenuhi kebutuhan finansial dasar seperti makanan, pakaian, dan tempat tinggal.

Karir sering kali lebih dihargai secara sosial daripada pekerjaan. Seorang individu dengan karir yang sukses dianggap lebih terhormat di mata masyarakat daripada seseorang yang hanya memiliki pekerjaan sederhana.

Penutup

Demikianlah ulasan artikel seputar dunia kerja tentang Perbedaan Pekerjaan dan Karir yang perlu diketahui. Jika ada pertanyaan terkait isi artikel di atas, silahkan tulis pada kolom komentar di bawah. Barang kali kita bisa berdiskusi. Semoga bermanfaat!

Berlangganan Artikel Gratis :

Jadilah yang pertama berkomentar di postingan "Perbedaan Pekerjaan dan Karir yang Perlu Anda Ketahui"