√ 7 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menyewa Kantor

7 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menyewa Kantor

7-hal-yang-perlu-diperhatikan-sebelum-menyewa-kantorTips Penting Menyewa Kantor

amaterasublog.com,- Memilih sewa kantor adalah keputusan terbaik untuk Anda, pebisnis yang memiliki dana terbatas namun ingin memiliki ruang kantor yang nyaman untuk menjalankan bisnis dan mementingkan kenyamanan karyawan. Terlebih saat berencana untuk membeli gedung kantor maupun membangunnya tentu mengeluarkan biaya yang mahal, belum lagi membutuhkan waktu yang lama untuk menemukan gedung yang cocok dan proses pembangunan.

Sebelum menyewa sebuah ruang kantor, sebaiknya Anda wajib mempertimbangkan beberapa hal dan mempersiapkannya, agar bisa menemukan pilihan kantor yang tepat dan kualitasnya bagus sehingga meningkatkan kenyamanan para pekerja. Di Jakarta sendiri, salah satu area yang direkomendasi untuk sewa kantor adalah sewa kantor Pasar Rebo. Lali, apa saja yang perlu diperhatikan?

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menyewa Kantor

Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, sebelum menyewa kantor untuk menemukan yang terbaik.

1. Pilih Kantor Khusus atau Coworking

Sebaiknya sebelum Anda memutuskan untuk menyewa kantor, maka pastikan terlebih dahulu apakah ingin menyewa kantor khusus atau ruang coworking saja? Jika bisnis Anda yang jalankan memiliki para pekerja dengan tim yang besar, maka lebih baik untuk menyewa kantor khusus. Namun jika hanya terdiri dari beberapa orang maka lebih baik untuk menyewa coworking.

Karena coworking lebih fleksibel dengan ruang kantor yang minimalis dan tata ruang kantor modern, sehingga para karyawan bisa berinteraksi dengan banyak orang dari perusahaan atau bisnis lain. Biaya sewa coworking harganya juga relatif lebih murah.

2. Pilih Lokasi Strategis

Berikutnya pastikan memilih lokasi yang strategis untuk sewa kantor, agar dekat dengan berbagai fasilitas umum dan juga akses yang mudah ke transportasi publik maupun pribadi. Salah satu lokasi strategis untuk menyewa ruang kantor adalah sewa kantor Pasar Rebo. Karena di area ini Anda bisa menemukan banyak gedung perkantoran, yang bisa disewa dengan berbagai tipe.

Namun pastikan Anda mengetahui bahwa ketika menyewa kantor di pusat kota maka biayanya relatif lebih mahal namun mudah dijangkau karyawan dan dekat dengan berbagai fasilitas publik. Jadi jika lokasi kantor strategis bukan tujuan utama, maka bisa memilih area pinggiran Jakarta yang jauh lebih murah.

Untuk memilih lokasi kantor yang strategis juga harus memperhatikan keamanan dan lokasi yang dipilih, apakah rawan banjir atau rawan bahaya atau tidak. Kemudian pastikan ruang kantor tersedia untuk karyawan dan para tamu.

3. Perhatikan Ukuran Kantor dan Tata Letak

Setelah menemukan lokasi kantor yang strategis untuk disewa, pastikan juga untuk mempertimbangkan ukuran kantor dan tata letaknya dengan mengetahui jumlah karyawan dan berapa banyak ruang kantor yang dibutuhkan. Biasanya ruang kantor yang ideal terdiri dari ruang rapat, ruang kerja direksi, ruang kerja karyawan, ruang tunggu untuk tamu atau mitra bisnis, toilet, pantry dan gudang.

4. Kustomisasi Ruang Kantor

Jika menentukan ukuran ruang kantor dan tata letak serta berapa banyak ruang yang diinginkan maka setelah itu bisa melakukan kustomisasi ruang kantor sesuai kebutuhan. Misalnya saja dengan menghias ruang kantor berdasarkan visi dan misi perusahaan. Menggunakan beberapa furniture modern yang berkaitan dengan digitalisasi agar kantor terlihat lebih mengikuti zaman.

Bisa juga dengan menambahkan beberapa ornamen seperti lukisan atau quotes menarik yang berhubungan dengan motivasi kerja. Namun pastikan bahwa memang ada izin dari pemilik gedung kantor untuk melakukan kustomisasi ruang kantor sesuai kebutuhan.

5. Perhatikan Keamanan Gedung

Hal ini juga jadi poin penting sebelum Anda memutuskan untuk menyewa sebuah ruang kantor. Karena selain kenyamanan tentu saja keamanan juga paling utama bagi Anda yang menjalankan bisnis dan karyawan yang ada di dalamnya. Pastikan gedung kantor memiliki pos keamanan selama 24 jam dan ketersediaan CCTV pula.

Kemudian pastikan juga tersedianya alarm kebakaran dan setiap petugas keamanan atau karyawan pengelola gedung yang sudah mendapatkan pelatihan untuk penggunaan tombol alarm tersebut.

6. Menyusun Biaya Sewa Kantor

Mengapa harus menyusun biaya sewa kantor? Tentu saja penting, karena meskipun hal ini rumit namun untuk yang memiliki budget terbatas tentu saja penyusunan anggaran dapat membuat Anda tahu ke mana saja dana yang digunakan untuk sewa kantor. Anda juga perlu perhatikan, apakah ingin sewa kantor bulanan atau tahunan serta perhatikan jugq biaya tak terduga lainnya, yang bisa dibutuhkan kapan saja.

Biaya sewa kantor juga meliputi biaya tambahan lainnya seperti pembelian furniture hingga perlengkapan kantor. Namun saat ini banyak juga kantor yang disewa dengan kelengkapan furniture dan perlengkapan kantor yang bisa dipakai oleh para karyawan untuk meningkatkan produktivitas kerja.

7. Apakah Ingin Perpanjang Waktu Penyewaan

Biasanya jika menyewa ruang kantor dengan waktu yang lebih panjang, maka harga sewa jauh lebih murah. Namun pastikan bahwa usaha atau bisnis Anda sudah stabil terlebih dahulu jika ingin menyewa ruang kantor dalam jangka panjang. Karena jika tidak, maka saat menjalani bisnis dan di tengah jalan bisnis tersebut macet maka yang rugi pastinya Anda karena biaya sewa kantor yang dikeluarkan sudah cukup besar di awal.

Anda yang ingin sewa kantor di lokasi strategis Jakarta, misalnya Pasar Rebo atau area lainnya maka pastikan lewat SewaKantorCBD memiliki lebih dari 500 database terbaru gedung perkantoran di Jakarta dan sekitarnya. Anda tentu bisa menemukan pilihan gedung perkantoran dengan lokasi yang tepat dan juga fasilitas lengkap serta nyaman untuk karyawan. Sebutkan informasi lebih lengkap seputar sewa gedung kantor lewat SewaKantorCBD.

Berlangganan Artikel Gratis :

Jadilah yang pertama berkomentar di postingan "7 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menyewa Kantor"